OCEAN WEEKS 4 (step2)

Posted by: Robi in

Pagi harinya saat terbangun ternyata alas tempat yang kami tiduri semalaman basah sehingga tak pelak pakaian yang kami pakaipun “memel” dan membuat sekujur badanku menggigil kedinginan. Keadaan yang beginipun harus tetap disembunyikan dari peserta tentunya agar peserta tidak merasa less spirit, tetapi sepintar tupai meloncat pasti akan jatuh juga mungkin begitu panatasnya karena ada panitia lain yang tahu kalau aku sangat menggigil (mbak Tania) hehehe..
Pagi itu sebenarnya acaranya Beach Clean Up (BCU) yakni bersih-bersih pantai sendang biru tetapi diganti Outbond agar peserta tidak bosan. Setelah membantu menyiapkan peralatan Outbond aku harus mengikuti acara Pengobatan Gratis (PG) di Pangkalan Pendaratan Ikan(PPI) yang memang aku menjadi penanggung jawab (PJ) perlengkapan kegiatan tersebut. Ada beberapa panitia yang menyiapkan lokasi PG dan sedangkan aku mendapat bagian untuk menyebarkan kupon PG ke rumah warga sekitar bersama beberapa panitia lain. Setelah menyebarkan kupon PG aku kembali ke PPI yang tepat pk09.00 acara PG tersebut dimulai samapai pk14.00 yang direncanakan. Alhamdulillah acara berjalan dengan lancar dan antusias warga sekitar juga cukup besar jika melihat banyaknya peserta PG yang datang. Mereka kebanyakan adalah Ibu-ibu bersama anak-anak mereka karena Bapak-bapaknya masih bekerja. Acara ini di istirahatkan sekitar pk11.00 karena bertepatan dengan hari jumat.
Akupun kembali ke lokasi perkemahan untuk mengambil pakaian ganti dan mandi di Masjid terdekat sekalian karena toilet di lokasi perkemahan masih antre dan penuh sesak oleh peserta laki-laki BBN yang akan jumatan juga. Setelah jumatan aku kembali ke lokasi PG (jaraknya sangat dekat) dan disuruh mengambil konsumsi untuk para panitia dan dokter (dari Bulan Sabit Merah Indonesia) yang ada di lokasi PG. Setelah ke perkemahan ternyata sudah ada yang menyiapkan konsumsi dan sudah ada pula yang mengantarkannya sehingga aku tidak ikut ke lokasi PG lagi (soalnya jaraknya lumayan jauh dan motornya juga dipakai semua!?).
Pada sore harinya ada anak-anak konsumsi (mbak Ria dkk) di pinggir pantai lagi “mbeteti” ikan yang rencananya akan dibakar malam harinya. Tian yang katanya biasa bakar-bakar ikan kemudian turun tangan untuk menggantikan tugas mereka dan akupun juga ikut untuk bersihin perutnya ikan-ikan tersebut (kita memang kompak dan solid kali ya..). Sedangkan bagi peserta OW4 mengikuti acara empat besar lomba esai yang berupa presentasi dari para finalisnya (Jurinya ternyata Pak Made Ariana yang tidak lain adalah dosen waliku sendiri). Aku juga menyempatkan melihat beberapa presentasi dari para finalis tersebut. Dan setelahnya aku sedikit bernarsis-narsis ria di tengah laut (diajak Nizar) yang notabene memang surut sampai tengahnya, beberapa orang panitia ternyata sudah ada disana dengan pakaian yang sudah basah dan ada juga beberapa yang mencari binatang laut (mas Anugrah) seperti kerang, bulu babi, anemon laut, belut listrik dan semacamnya. Pada saat itu juga ada beberapa panitia yang membakar ikan di pinggir pantai.
Tidak lama setelah itu para peserta diberi makan dan akan diberangkatkan ke lokasi PG yang memang sudah direncanakan sebagai tempat peristirahatan peserta malam harinya, dan pada saat akan diberangkatkan ternyata hujan tidak sabar untuk menungggu dan turun dengan lebatnya cukup lama. Panitiapun sudah dibagi untuk mendampingi peserta dan ada juga yang menjaga daerah perkemahan yang ditinggal oleh peserta.
Malamnya panitia yang ada di lokasi perkemahan mengadakan evaluasi kegiatan yang sudah berlangsung dua hari pada waktu itu dan memang banyak yang berubah karena cuaca yang kurang mendukung. Setelah evaluasi yang cukup lama dan dingin karena hujan masih saja turun, akupun memberanikan diri untuk mandi malam dan akhhirnya tidur di tenda peserta yang paling kering (yang lain basah semua!?).



This entry was posted on Monday, February 16, 2009 and is filed under . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Subscribe to: Post Comments (Atom) .

3 komentar disni yaa..

Banyak banget sih acaranya....
Dari acara bersih2 yang gak jadi...
diganti ama outbond, ada pengobatan gratis, pake kupon segala?
ngebersihin ikan? nonton lomba esai? maen dipantai? rapat evaluasi?
untung aja kamu gak jadi ngambil konsumsi...

eh, pasti tidur di tendanya sempit2an ya, soalnya yang laen basah semua...
hahaha...

@Sang Cerpenis bercerita
oka, mkasih mbak.. ntar lwat e-mail aj lngsung!?

@etikush
iyaw mbak, acaranya memang padat banget mkanya persiapannya juga nggak gmpang n super sibuk gitu.
waah, klo yang hari k2 sangat nyaman tdurnya mbak soalnya psertanya bobog di balai sdangkan aku ma beberapa tmen pnitia bgian yang jaga di tmpat campnya... hihihi..

Post a Comment