Hari Pahlawan

Posted by: Robi in ,





Tepat sekitar 64 tahun silam, terjadi sebuah perang akbar antara Indonesia versus Belanda di Suroboyo. Yang sekarang ini tentulah semua rakyat Indonesia memperingatinya sebagai "Hari pahlawan". Hmm.. ngomong-ngomong tentang hari pahlawan tentunya tidak bisa terpisahkan dengan kota Suroboyo, yang menjadi icon sebagai kota pahlawan!? Kenapa harus Suroboyo?? bukan bandung, jogya atau kota-kota besar yang lain?? emm.. seingatku dulu saat belajar sejarah SMP, Suroboyo disebut kota pahlawan karena memang hanya Suroboyo-lah satu-satunya kota yang bisa menang perang melawan penjajah (Belanda) pada perang yang menyerbu banyak kota di Indonesia saat itu. So, pantas khan kalo Suroboyo tercinttaku ini disebut Heroes City alias Kota Pahlawan. hehehe19 Mau tahu apa saja peristiwa 64 tahun silam?? monggo klik di sini.

Ngobrol-ngobrol juga tentang tanggal bersejarah ini, ternyata juga merupakan Dies Natalis (ulang tahun) kampusku ke-49. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Peringatan Dies Natalis setiap tahunnya selalu meriah karena selalu mengadakan berbagai kegiatan akbar seperti kegiatan seremonial, seminar, pameran, kegiatan sosial, olah raga dan lain sebagainya. Kalo nggak percaya silakan ngintip di slide tentangulang tahun salah satu kampus terbesar di Indonesia ini [lihat di sini].

Peringatan Hari Pahlawan akan selalu dimeriahkan oleh warga Suroboyo karena setiap tahunnya selalu diadakan konser akbar. Sehingga pada tanggal ini pada malam hari warga kota pahlawan akan terpusat di area Tugu Pahlawan, tempat diadakannya pesta akbar tersebut. Tahun ini-pun tidak ketinggalan. Sebenarnya pengen juga kesana malam ini karena tadi juga ada temen kampus yang ngajak, tapi karena ada rapat dan kondisi(kaki)ku payah karen latihan futsal tadi malam terpaksa nolak ajakannya!? maap ya kauand.. :)

*artikel ini terinspirasi dari blognya si vie-three yang juga bahas tentang Hari Pahlawan.








This entry was posted on Tuesday, November 10, 2009 and is filed under , .